Tuesday, December 2, 2008

SEPUTAR EGC DAN KERJA SAMA PENERBITAN

EGC adalah lembaga penerbitan yang pada awalnya mengkhususkan diri menyediakan buku-buku penunjang ilmu kedokteran umum. Pada masa awal berdiri, naskah karangan asli yang berasal dari penulis lokal tergolong sangat jarang. EGC memulai usahanya dengan menerbitkan literatur-literatur asing yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan akan buku ajar atau buku panduan. Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan kesehatan, EGC memperluas bidang kesehatan yang dicakupnya dan membuka kesempatan seluas-luasnya untuk menerbitkan buku-buku dari penulis lokal.
Pada awalnya, EGC hanya menghasilkan buku-buku untuk bidang kedokteran. Namun, seiring dengan waktu dan makin maraknya perkembangan dunia pendidikan kesehatan, EGC memperluas pasarnya dengan mengembangkan beberapa divisi, yaitu: kedokteran gigi, keperawatan, kesehatan masyarakat, kebidanan, kesehatan populer (Arcan).
Sumber daya manusia yang ada di penerbit EGC dibagi menurut tahapan pracetak, percetakan, serta pemasaran dan promosi. Sumber daya yang ada di bagian pracetak antara lain: editor/penyunting (sarjana), copyeditor (ahli madya penerbitan), penyusun indeks (indexer), pengolah gambar, dan pendesain sampul.

Kerja Sama Penerbitan
1. Naskah lokal yang diterbitkan oleh EGC bersumber dari usulan dosen dan disesuaikan dengan silabus AKPER/STIK/FIK/PSIK.
2. Naskah ini diserahkan atau dikirm ke EGC dan dinilai oleh tim editor. Setelah hasil penilaian individu editor terkumpul, dilakukan pembahasan kelayakan naskah untuk diterbitkan dan intervensi editor/kopi editor terhadap naskah.
3. Setelah ada kesepakatan penerbitan, EGC membuat surat perjanjian penerbitan (SPP). Isi SPP meliputi:
a. Individu yang terlibat
b. Lama waktu EGC akan menerbitkan (umumnya 1 tahun, namun bisa lebih)
c. Koreksi naskah pascapenyuntingan
d. Royalti yang akan diperoleh penulis (10% harga jual buku)
e. Sampel buku yang akan diperoleh penulis (10 eks.)
f. Pengiriman sampel ke institusi pendidikan oleh EGC
g. Ahli waris penulis
4. Proses penerbitan. Proses ini akan dimulai dari penyuntingan, proses reproduksi gambar, lay-out, dan kopi editor, kemudian koreksi oleh editor yang kemudian dikirim ke penulis. Setelah selesai proses penyuntingan, maka naskah akan dimasukkan ke proses sensor, dan jika selesai melewati proses ini, naskah akan dikirim ke percetakan.

Kerja Sama Perlindungan Hak Cipta
Pada dasarnya, produk penerbitan EGC telah dilindungi secara hukum karena EGC telah mendaftarkan buku terbitan ke Perpustakaan Nasional untuk mendapatkan KDT (Katalog dalam Terbitan) dan ISBN (International Standard Book Number) dan di dalamnya selalu dicantumkan undang-undang pelanggaran hak cipta (Pasal 19 tahun 2002).
Perlindungan yang diberikan EGC terhadap produknya untuk membedakan dengan buku bajakan adalah dengan memberi holoram tiga dimensi dan raster. Adapun perbedaan antara buku asli dan bajakan terletak pada hologram dan kualitas cetakan/raster.

Naskah yang Layak Diterbitkan
a. Naskah dibutuhkan dalam proses belajar-mengajar di institusi pendidikan
b. Substansi sesuai dengan silabus
c. Naskah memenuhi syarat kelengkapan buku
d. Naskah minimal 200 hal kwarto diketik spasi ganda. Dikirim hardcopy beserta disket atau tanpa disket
e. Proses penerbitannya dimulai bila telah ada kesepakatan antara penulis dan penerbit dalam SPP
f. Durasi penerbitan bergantung pada kualitas naskah dan daya serap pasar.

Promosi Produk Terbitan EGC
a. Didistribusikan di seluruh toko buku (Gramedia, Gunung Agung, dll.) termasuk distributor.
b. Pengiriman sampel dan poster buku ke institusi
c. Pameran tunggal di kampus
d. Pameran IKAPI
e. Pameran pada acara seminar, simposium, bazaar, dll.

Royalti
Biasanya penerbit mengeluarkan 2000 eks. buku penulis. Royalti pertama yang diterima penulis pada saat buku diterbitkan adalah 25% dari jumlah eks. (500 eks.) dikalikan 10% royalti penulis dari harga buku. Royalti dievaluasi setiap 6 bulan (biasanya pada bulan Juli/Agustus dan Desember/Januari), jika terdapat perubahan jumlah buku yang terjual, dan akan diinformasikan kepada penulis mengenai jumlah buku yang telah terjual beserta royalti jika buku yang terjual melebih 25%.
Apabila penulis berminat untuk membeli bukunya sendiri, disediakan diskon 20% untuk buku hitam putih dan 10% untuk buku berwarna.)

2 comments:

fitriani kahar said...

Sy berminat untuk menulis buku kesehatan.. Kebetulan sy adalah dosen jurusan analis kesehatan dari Makassar.. Mohon bantuan untuk untuk bisa menulis... Krn biasax sya hanya membuat diktat sebagai bahan ajar saya dikampus..makasih.. Mohon bantuannya...

Tania Febryani Nufus said...

Selamat malam.
Bisakah memberikan informasi EGC itu singkatan dari apa ya?

terimkasih