Tuesday, December 2, 2008

Mengapa Menunda untuk Mulai Menulis?

Minat menulis buku dari para profesional yang berkecimpung di bidang keperawatan dan kebidanan masih sangat minim. Banyak institusi pendidikan yang masih menggunakan literatur asing sebagai referensi, yang masih mengadopsi perkembangan dan kondisi yang ada di luar Indonesia. Padahal, bagi para pendidik, dunia tulis-menulis bukan hal yang asing lagi. Sebelum mengajar, para pendidik telah menyiapkan materi-materi penunjang atau makalah untuk bahan perkuliahan.
Banyak pendidik merasa tidak memiliki kompetensi untuk menulis sebuah buku, tidak memiliki ilmu yang memadai, atau padatnya jadwal mengajar. Sebenarnya semua orang bisa menulis sebuah buku. Modal dasar dalam menulis buku adalah ide. Seorang penulis harus memiliki gagasan ide yang akan diuraikan ke dalam buku. Bagi pendidik, dengan pengalaman mengajar dan menulis makalah bahan kuliah tentu tidak sulit untuk memunculkan ide.
Alasan lain yang menghambat minat menulis adalah calon penulis belum memahami atau menguasai cara penulisan buku. Kurangnya pengetahuan tentang seluk beluk dunia penerbitan, sebagai mitra yang akan digandeng penulis untuk menerbitkan karyanya juga menjadi penghambat. Oleh karena itu, kedua masalah tersebut akan dibahas dalam makalah ini, diharapkan dapat memotivasi Anda untuk segera menghasilkan suatu karya.

No comments: